Home » » Cara Membuat Kue Basah Tradisional dan Sederhana

Cara Membuat Kue Basah Tradisional dan Sederhana

Cara Membuat Kue Basah Tradisional dan Sederhana sebenarnya banyak sekali jenisnya tergantung yang kita pilih. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda resep pembuatan kue basah tradisional dan sederhana tapi disukai banyak orang, yaitu kue lumpur yang lezat dan menggoda. Kue Lumpur merupakan salah satu jenis kue basah tradisonal, sederhana dan asli khas kue basah indonesia yang banyak penggemarnya.

Cara Membuat Kue Basah Tradisional dan Sederhana pada jenis kue lumpur ini akan saya jelaskan bahan-bahan yang digunakan serta takarannya dan juga cara pembuatannya sekalian agar teman-teman bisa langsung mempraktekkannya di rumah sendir, jangan dirumah orang lain ya, he he he!

Bahan Pembuatan Kue Basah Tradisional alias Kue Lumpur
    Cara Membuat Kue Basah Tradisional, kue lumpur
  1. 300 gr kentang segar dan besar
  2. 5 buah telur yang diambil kuninnya
  3. 2 bagian putih telur dari telur yang diambil kuningnya di atas.
  4. 250 gr gula pasir yang putih bersih
  5. 400 ml santan kenatal dari hasil perasan satu butir kelapa parut
  6. 50 gr margarin yang  dilelehkan
  7. 1/4 sdt vanili bubuk
  8. 1/2 sdt garam halus atau kasar
  9. 175 gr tepung terigu yang sudah diayak
  10. 1 buah kelapa muda yang dikeruk
  11. minyak goreng untuk olesannya
  12. 50 gr kismis kering yang direndam hingga mengembang untuk taburannya
  13. 1/2 butir lagi kelapa muda untuk dikeruk dijadikan hiasannya.
 Cara Membuat Kue Basah Tradisional dan Sederhana (Kue Lumpur)
  1. Kukuslah kentang segar tadi hingga jadi masak yang ditandai dengan bagian tengahnya yang juga sudah empuk, lalu tiriskan dan dikupas kulitnya pada saat masih panas. dan lanjutkan dengan segera dihaluskan dengan menggunakan alat penghalus khusus untuk kentang atau dengan sendok juga bisa baru kemudian disisihkan.
  2. Kocok lima butir kuning telur tadi dan putih terlurnya juga bersama gula pasir dengan memakai mixer hingga adonan mengembang. Lalu masukkan santan kental tadi, margarin leleh, vanilli, dan garam halus dan diaduk alat pengocok seperti pengocok telur yang terbuat dari kawat hingga menjadi rata.
  3. Campurkan pula kentang didalamnya serta tepung terigu sedikit demi sedikit dengan diaduk terus hingga berubah jadi adonan sudah dan licin, baru kemudian saring dan buang sisa ampasnya. Selanjutnya campurkan pula kelapa muda hasil keruk, aduk rata dan sisihkan.
  4. Panaskan cetakan untuk kue lumpur di atas api yagn tidak terlalu besar. Olesi dengan minyak goreng secukupnya. Tuangkan adonan kue ke dalam wadah cetakan sesuai keinginan besar dan tebalnya, kemudian cetakan ditutup dan dimasak sampai setengah matang.
  5. Jika sudah setengah matang buka tutup cetakan kue lumpur tersebut, hiasi di bagian atas kue tersebut dengan kelapa muda hasil kerukan dan kismis yang sudah mekar. Dan teruskan dimasak sampai matang (kurang lebih sepuluh menit lamanya), angkat dan keluarkan kue dari cetakan untuk selanjutnya dihidangkan.
Sangat mudah bukan  Cara Membuat Kue Basah Tradisional dan Sederhana khususnya kue lumpur yang lezat tersebut. Jangan ragu bertanya soal Cara Membuat Kue Basah Tradisional dan Sederhana disini kalau ada yang belum dimengerti.

Baca juga :
cara membuat kue cake  

cara membuat kue kering

Mau Download Ebook Tutorial SEO? Sudah tau bagaimana cara blogmu masuk halaman #1 Google? atau Rahasia Blog Ranking 1 di Google? Kalau belum silahkan Download "BloggerPro-Z1" (Ebook Tutorial SEO)

Share this article :
 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved