Home » » Metode, Media & Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Metode, Media & Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Media Strategi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Inabuy.com - Metode, Media & Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Istilah PAI yang kita kenal pada dasarnya mencakup Metode, Media & Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karenanya, pada artikel kali ini kita akan membahas 3 pokok dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu metode, media dan strategi. Ke tiga hal pokok tersebutlah yang seharunya diketahi dalam memahami Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Sebelum mengarah pada pembahasan fokus kita mengenai Metode, Media & Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, ada beberapa ilmu dasar terkait pembahasan ini, diantaranya adalah pengertian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, undang-undang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan ruang lingkup Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Pengertian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Menurut salah seorang pakar PAI di Indonesia, Prof. Dr. H. Abd. Majid, MA, bahwa Pengertian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan berupa bimbingan, pengajaran, dan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. 

Adapun menurut undang-undang UUSPN No.2/1989 pasal 39 ayat 2 menyebutkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan terhadap tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. 

Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Masih dari sumber pakar di atas, bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keimanan, penghayatan, pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlah mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Atau bila dibuat dalam bentuk poin-poin, maka tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dirinci sebagai berikut :
  1. Memperkuat iman dan taqwa
  2. Menghormati agam lain
  3. Memelihara kerukunan antar umat beragama
  4. Mewujudkan persatuan nasional
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Kontekstual


Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Dalam menerapkan metode pembelajaran pendidikan agama Islam ada 4 metode yang umumnya dilakukan oleh seorang pengajar, diantaranya : 
  1. Metode ceramah, resitasi, atau proyek. Khusus pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini, maka Metode ini digunakan khusus pada bahan mata pelajaran yang memerlukan pengamatan.
  2. Metode demonstrasi dan dril. Jika suatu pembelajaran yang bahannya memerlukan keterampilan atau gerakan tertentu maka metodenya menggunakan demonstrasi ataupun dril.
  3. Metode pemberian tugas dan tanya jawab. JIka dalam mata pelajaran terdapat bahan yang mengandung materi hafalan, maka metodenya berupa pemberian tugas ataupun tanya jawab.
  4. Metode sosio drama/bermain peran dan service project. Terkadang ada bahan yang mengandung unsur emosi, sehingga dianjurkan metode pembelajaran pendidikan agama Islamnya dengan metode sosiodrama/bermain peran dan service project.
Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Media pembelajaran merupakan bagian integral dari sebuah proses pendidikan di sekolah. Secara harfiah media berarti perantaraatau pengantar atau wahana atau pun penyaluran pesan atau informasi belajar. Pengertian secara harfiah ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan wadah dari pesan yang disampaikan oleh sumber yaitu guru kepada sasaran atau penerima pesan yaitu siswa yang belajar pendidikan agama Islam.

Secara khusus, media pembelajaran Agama Islam adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran PAI di sekolah. Sedangkan tujuan penggunaan media pembelajaran PAI tersebut adalah supaya proses pembelajaran PAI dapat berlangsung dengan baik. Seperti telah disinggung di awal, media pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan wadah dari pesan yang disampaikan oleh guru kepada siswa yang belajar Pendidikan Agama Islam.

Dari jenisnya media pembelajaran ini dapat diklasifikasikan menjadi
  1. media audio
  2. media cetak dan 
  3. media elektronik. 
Beberapa media elektronik yang dimaksud antara lain: slide dan film strip, film, rekaman pendidikan, radio pendidikan, serta televisi pendidikan. Dengan demikian, media pembelajaran pendidikan Agama Islam sebagai sarana dan prasarana pendidikan agama Islam yang dipergunakan untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah.

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh seorang guru maka ada beberapa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) maka ada beberapa strategi yang harus diterapkan, yaitu :
  1. Mengidentifikasikan dan menetapkan spesifikasi serta kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik pengajar.
  2. Terlebih dahulu memilih sistem pendekatan belajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup anak didik pengajar
  3. Menetatapkan prosedur, metode dan teknik pembelajaran yang dianggap paling tepat sehingga dapat dijadikan pegangan dalam kegiatan mengajar guru.
  4. Memberikan batasan norma-norma dan batas minimal standar keberhasilan kemudian dijadikan pedoman dalam melakukan evaluasi dari hasil belajar siswa.
Dalam mencapai tujuan pembelajaran perlu menyusun strategi yang optimal, diantaranya:
  1. Dengan strategi pembelajaran secara langsung.
  2. Dengan strategi pembelajaran melalui diskusi.
  3. Dengan strategi pembelajaran dengan membentuk kelompok kecil.
  4. Dengan strategi pembelajaran cooperative learning.
  5. Dengan strategi pembelajaran melalui problem solving.
Demikian penjelasan seputar Metode, Media & Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar anda



Tertarik membaca "Contoh Judul Skripsi PAI" dan  Indonesia Business Today

Mau Download Ebook Tutorial SEO? Sudah tau bagaimana cara blogmu masuk halaman #1 Google? atau Rahasia Blog Ranking 1 di Google? Kalau belum silahkan Download "BloggerPro-Z1" (Ebook Tutorial SEO)

Share this article :

2 comments:

Obat Kanker Payudara Tradisional said...

saya dukung deh gan visi misinya dna tujuannya,,

Foredi said...

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved