Home » » Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan)

Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan)

Inabuy.com Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan). Khusus buat jurusan Perpustakaan Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan) ini sangat pas digunakan sebagai rujukan dari hasil praktek kerja lapangan anda. Namun perlu kami beritahukan bahwa Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan) ini hanya contoh, anda boleh melihat susunan penulisannya dan menyesuaikan dengan laporan praktek kerja perpustakaan sesuai dengan tempat perpustakaan dimana anda melakukan praktek kerja lapangan.

Sebagai tanda terima kasih, disampaikan bahwa Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan) ini merupakan hasil karya Mbak Lolytasari, akan tetapi pada sebagian isi sudah ditata susunannya sehingga lebih rapi dan mudah dibaca. Berikut adalah contohnya :


Laporan Praktek Kerja Lapangan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang


Perpustakaan Perguruan Tinggi di era saat ini harus melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat penggunanya. Hal tersebut berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu cepat berlimpah dan menyeluruh. Keadaan ini yang mendorong para pustakawan, serta pelaku pemanfaat informasi atau pengguna perpustakaan berusaha keras agar mendapat perkembangan dan kecepatan kehadiran informasi yang mutakhir dan yang dibutuhkan.

Layanan penelusuran informasi merupakah salah satu jasa perpustakaan yang disediakan bagi pengguna untuk menemukan informasi yang dibutuhkannya. Ciri utama kegiatan tersebut yaitu layanan yang dilakukan dengan memanfaatkan seperangkat sumber referens atau bahan rujukan seperti: kamus, ensiklopedi, direktori, statistik bibliografi dan lain sebagainya.

Agar informasi yang ada di perpustakaan dapat berfungsi secara maksimal maka diperlukan tenaga pengelola professional yang memiliki ilmu pengetahuan di bidang perpustakaan. Ilmu pengetahuan di bidang perpustakaan dapat diperoleh melalui kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Pendidikan yang diberikan tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktek, salah satunya adalah Praktek Kerja Lapangan (PKL). Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar melalui praktek yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan.

Di perpustakaan, tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, mahasiswa dapat belajar dengan menggunakan ilmu yang diperoleh secara teoritis dan dipadukan dengan ilmu praktis yang ada di lapangan. Dengan demikian mahasiswa Praktek Kerja Lapangan dapat merasakan dan menguasai ilmu perpustakaan.

Berdasarkan pertimbangan di atas maka penulis memilih Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai tempat untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan yang termasuk salah satu unit pelaksana teknis dalam melayani siklus informasi yang terdiri dari pustakawan, mahasiswa, dosen, karyawan, dokter dan peneliti.

B. Tujuan dan Kegunaan

1. Tujuan

Maksud dan tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai berikut:
  1. Mengetahui strategi peningkatan pelayanan dalam mengelola perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
  2. Menganalisis faktor-faktor yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam melayani pengguna perpustakaan dan mengelola perpustakaan
  3. Mengetahui kepuasan pengguna perpustakaan terhadap pelayanan yang ada di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
2. Kegunaan

Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan dapat berguna baik secara praktis maupun teoritis, yakni :
  1. Secara akademik Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan terutama dapat diterapkan di perpustakaan peserta Praktek Kerja Lapangan bertugas
  2. Secara praktis Praktek Kerja Lapangan ini dapat berguna untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi peserta Praktek Kerja Lapangan dalam mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam mengelola perpustakaan.
  3. Secara teori peserta Praktek Kerja Lapangan ini dapat melihat kepuasan pengguna perpustakaan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas perpustakaan di tempat Praktek Kerja Lapangan.
C. Waktu dan Jadwal Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang berlokasi di Jalan Salemba Raya No. 6 PO BOX. 1358 Jakarta Pusat 10430 Telp. 021-3922822-4 Fax. 021-3148706. Adapun pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan mulai tanggal 14 Juli sampai dengan 23 Agustus 2008, dengan jadwal yang telah ditetapkan sebagai berikut :

Jadwal Praktek Kerja Lapangan

Tanggal 14 Juli

A. Pembukaan & Perkenalan
B. Penjelasan mengenai Perpustakaan FKUI

1. Sejarah
2. Organisasi
3. Gedung
4. Anggaran
5. Staff
6. Koleksi
7. Peraturan Perpustakaan
dibimbing oleh : Retno Prabandari, MA (Pj. Kepala Perpustakaan)

Tanggal 15 s.d 18 Juli

C. Pengadaan Bahan Pustaka Buku dan majalah, dibimbing oleh Retno Prabandari, MA dan Mirah

a. Pemilihan
b. Administrasi

Tanggal 21 Juli s.d 1 Agustus

D. Pengolahan

1. Majalah
2. Buku
a. Pengenalan NLM
b. Deskripsi
c. Klasifikasi
d. Subyek Heading
e. Penyelesaian Fisik

dibimbing oleh :
1. Mujioto
2. Mardiman
3. Yenny S. Thayeb
4. Subadi
5. Supardi
6. Komala Dewi

Tanggal 4 s.d 11 Agustus

E. Pelayanan Pengguna

1. Administrasi Sirkulasi
2. Reference
3. Penelusuran Literatur

dibimbing oleh :
1. Putri Prathiwi
2. Utami
3. Yenny S. Thayeb

Tanggal 12 s.d 15 Agustus

F. Pengenalan TI

1. Teknik Informasi (TI)
2. CD – ROM
3. Digital Library
4. Online Database
5. Internet

dibimbing oleh:
1. R. Hari Respati
2. Mardansyah
3. Rudi Hartono

Tanggal 19 s.d 21 Agustus

G. Preservasi Koleksi, dibimbing oleh bapak Kusnama

tanggal 22 Agustus

H. Penyusunan Laporan, dibimbing oleh Retno Prabandari, MA., (Pj. Kepala Perpustakaan)

Sumber: Dokumen Perpustakaan FKUI Tahun 2008

D. Sistematika Penulisan Laporan

Sistematika penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia adalah sebagai berikut:

Bab I : Pendahuluan, memaparkan tentang Latar Belakang, Tujuan dan Kegunaan, Waktu dan Jadwal Kerja Pelaksanaan PKL dan Sistematika Penulisan Laporan.

Bab II : Keadaan Umum yang membahas tentang sejarah singkat perpustakaan FKUI, struktur organisasi, peran perpustakaan, tugas dan fungsi, sumber daya manusia, koleksi, sarana dan prasarana, layanan teknis, layanan pengguna dan anggaran Perpustakaan.

Bab III : Pelaksanaan PKL menguraikan Hasil Pelaksanaan PKL yang meliputi: penjelasan tentang perpustakaan, bagian pengadaan bahan pustaka, bagian pengolahan bahan pustaka, bagian pelayanan pengguna, pengenalan teknologi informasi, preservasi koleksi dan penyusunan laporan sekaligus menganalisa kelebihan dan kelemahan.

Bab IV : Kesimpulan dan Saran, meyajikan uraian singkat mengenai hasil pelaksanaan PKL dan memberikan saran terhadap kondisi sesuai pengamatan dan hasil pengamatan penulis.

BAB II
KEADAAN UMUM

A. Sejarah Singkat Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas
Indonesia

Sejarah dan perkembangan Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tidak bisa dipisahkan dengan sejarah pendidikan kedokteran di Indonesia sesuai dengan Penetapan Keputusan Government No. 22, tanggal 2 Januari 1849 tentang diselenggarakannya pendidikan dokter di Jakarta, dapat dipahami bahwa usia perpustakaan FKUI adalah setua Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pada bulan Januari 1851 dibuka Sekolah Pendidikan Kedokteran di Weltevreden dengan masa pendidikan 2 (dua) tahun. Sekolah Kedokteran ini pada tahun 1864 waktu pendidikannya di ubah menjadi 3 (tiga) tahun dan selanjutnya pada tahun 1875 di uah lagi menjadi 7 (tujuh) tahun.

Pada tahun 1898 didirikan sekolah Pendidikan Kedokteran yang disebut STOVIA (Schoool Tot Opleiding Voor Indische Artsen). Pada tanggal 1 Maret 1902 dibuka gedung baru untuk Sekolah Kedokteran Hospitaalweg di jalan dr. Abdul Rahman Saleh dan pendidikannya diperpanjang menjadi 9 (sembilan) tahun.

Tahun 1919 didirikan CB2, yang sekarang dikenal dengan nama Rumah Sakit Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSUPNCM). Rumah Sakit ini kemudian dipakai sebagai Rumah Sakit Pendidikan bagi siswa STOVIA.

Pada tanggal 5 Juli 1920, Gedung Pendidikan di Salemba 6, selesai dibangun dan seluruh fasilitas pendidikan dipindahkan ke Jalan Salemba. Pemindahan itu termasuk juga perpustakaannya. Selanjutnya pada tanggal 9 Agustus 1927 Pendidikan Dokter resmi menjadi Pendidikan Tinggi dengan nama GENEESKUNDIGE HOOGE SCHOOL. Tahun 1928 dimulai mendaftar dan menyusun buku yang sebelumnya sebagian koleksinya ditempatkan di bagian Rumah Sakit CBZ.

Pada tanggal 2 Februari 1950, setelah penyerahan Kedaulatan kepada Pemerintah Republik Indonesia, 2 (dua) lembaga tersebut digabung menjadi 1 (satu), dengan nama: GENEESKUNDIGE FACULTEIT NOOD UNIVERSITEIT Van INDONESIE yang kemudian diubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pada tahun 1984, pelayanan Perpustakaan menganut 2 (dua) system yaitu terbuka untuk layanan koleksi majalah dan buku text serta tertutup untuk layanan koleksi tesis, disertasi dan Laporan Penelitian. Hal ini memang dilaksanakan karena pentingnya majalah saat itu. Pada tahun 1992, dipindahkan ke gedung baru yang tepatnya di tengah-tengah gedung lama dengan tambahan 4 (empat) lantai. Pindah ruangan tersebut merupakan tuntutan akan keutuhan ruangan perpustakaan yang lebih baik dan luas, dan yang lama hanya direnovasi.

Pada tahun 1996, perpustakaan direnovasi total, termasuk tata ruang dan mebelair (meja, kursi). Renovasi tersebut menyeluruh dan terencana dalam mengantipasi kebutuhan akan adanya perpustakaan yang modern dan kenyamanan dari segi tata ruang maupun fasilitas pendukung lainnya.

B. Struktur Organisasi

Perpustakaan FKUI dipimpin oleh seorang Kepala Perpustakaan yang bertanggungjawab langsung kepada Dekan FKUI.

C. Peran Perpustakaan

Peran pelayanan perpustakaan dalam penyediaan informasi bagi masyarakat perlu terus dibina dan dikembangkan baik dari segi kualitas, maupun kuantitas, sesuai dengan amanat GBHN “Kemerdekaan bagi masyarakat untuk memperoleh hasil penelitian perlu ditingkatkan melalui publikasi dan pengembangan pelayanan pusat dokumentasi dan informasi IPTEK serta perpustakaan di seluruh Indonesia. Perpustakaan FKUI (1998: 1).

Dengan demikian peranan penting dari Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai salah satu perpustakaan tertua di Indonesia adalah membangkitkan dan membangun serta menerangi masyarakat sampai masyarakat melahirkan kesadaran kolektifnya dalam menata kehidupan yang harmonis dan dinamis. Peran dan fungsi perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi sangat menentukan bagi terwujudnya perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berstandar Internasional menuju World Class Medical Library.

D. Tugas dan Fungsi

1. Tugas
  1. Tugas Perpustakaan FKUI merupakan sarana penunjang kegiatan belajar mengajar yang menyangkut pendidikan di bidang kedokteran baik itu sistem pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
  2. Tugas Perpustakaan FKUI tidak terlepas dari visi dan misinya. Visinya menjadikan perpustakaan medik kelas dunia (World Class Medical Library), sedangkan misinya menyediakan informasi medik serta layanan perpustakaan kelas dunia yang membantu pengajaran, pembelajaran danpenelitian.
2. Fungsi

a. Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Perpustakaan FKUI merupakan tempat mengumpulkan, melestarikan, mengolah, menyediakan dan memperluas informasi sesuai dengan kurikulum hingga tercapainya system pendidikan yang baik.

b. Bidang Penelitian
Perpustakaan FKUI sebagai sarana penunjang yang menyediakan fasilitas informasi dan literature yang mendukung penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

c. Bidang Pengabdian 
Perpustakaan FKUI memberikan kesempatan kepada masyarakat pemakai civitas akademika, serta masyarakat luas untuk menggunakan perpustakaan dalam menyebarluaskan informasi dari hasil kegiatan ilmiah kedokteran bagi yang berkepentingan.

E. Sumber Daya Manusia (SDM)

Perpustakaan FKUI dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab kepada Dekan, pegawai yang ada diperpustakaan dapat di bawah ini:
  • Retno Prabandari, MA., Kepala Perpustakaan, S2 Perpustakaan
  • Putri Prathiwi, S. Hum., Koordinator Pelayanan Pengguna, S1 Perpustakaan
  • Yenny S. Thayeb, SE., Sub Koordinator Layanan Penelusuran, S1 Ekonomi
  • Komala Dewi, Pengolahan, D3 Perpustakaan
  • Utami, Sub Koordinator Layanan Penelusuran, SMU
  • M. Faisal, Sekretariat/Tata Usaha, SMU
  • Mardansyah, Tata Usaha dan Kepegawaian, SMU
  • Sri Bartinigsih, Usaha dan Dana, SMU
  • Subadi, Sub Koordinator Sirkulasi, SMU
  • Sri Sugiartini, SMU
  • Mirah, SMU
  • Mardiman, Sub Koordinator Shelving, SMU
  • Sudiharto, SMU
  • Buggi Roviano, SMU
  • Heri Agus S. Djati, Humas, SMU
  • Supardi, Sub Koordinator Pengadaan, SMU
  • Mujioto, Staf, SMU
  • Kusnama, Sub Koordinator Penjilidan, SMU
  • Dr.Danny Pattirajawane, Sub Koordinator Konservasi, S2
  • Rudi Hartono, Koordinator Teknologi Informasi, SMU
  • Hari Respati, Sub Koordinator Internet, Web dan Database, SMU
  • Dr. Irzan, Nurman Sub Koordinator Multimedia, S2
Sumber: Dokumen Kepegawaian Perpustaaan FKUI tahun 2007

F. Koleksi

Perpustakaan Fakultas Kedokteran memiliki koleksi yang terdiri dari :
1. Koleksi perpustakaan FKUI terdiri dari bahan buku seperti: buku, majalah, tesis, disertasi, laporan penelitian, pidato pengukuhan guru besar dan koleksi buku antic yang belum diolah. Sementara koleksi dari bahan non buku berupa audio visual.

Koleksi Bahan Pustaka Perpustakaan FKUI Tahun 2007

1 Buku, jumlah 6.282 8.223
2 Majalah, jumlah 874 1.125
3 Tesis, jumlah 1.976 1.976
4 Pidato, jumlah 114 116
5 Disertasi 117 128
6 Laporan Penelitian 895 898
7 koleksi antik terbitan abad 16, 17, 18 Tak ada data -
8 Koleksi rujukan, E-Books (medical multimedia electronics books), CD-ROM, dan online database Pro-Quest Tak ada data - Total Jumlah koleksi 12.258 Judul 12.466 Eksplar

Sumber: Laporan Tahunan Perpustakaan FKUI Tahun 2007

2. Majalah terbitan Luar Negeri yang dilanggan pada tahun 2007 sampai
dengan sekarang berjumlah 20 (dua puluh) judul, yakni:

1 Advanced in Anatomic Pathology
2 American Journal of Clinical Nutrition
3 American Journal of Obstetric and Gynecology
4 American Journal of Ophthalmology
5 American Journal of Pathology
6 American Journal of Roentgenology
7 Anesthesia and Analgesia
8 Antimicrobial &Chemotheraphy
9 Archives of Otolaryngology Head & Neck Surgery
10 British Journal of Surgery
11 British Medical Journal
12 Journal American Medical Association
13 Journal of Clinical Allergy and Immunology
14 The Journal of Infection Diseases
15 Lancet
16 Medical Clinics of North America
17 Microbiology & Moleculer Biology Review
18 New England Journal Medicine
19 Occupational and Enviromental
20 Pediatrics

G. Sarana Prasarana

Perpustakaan FKUI menempati gedung 2 (dua) lantai yang terpisah, yaitu lantai 1 (satu) dan lantai 4 (empat) yang letaknya sangat strategis bagi pemakai perpustakaan yang mayoritas mahasiswa FKUI. Sebagai sarana kelancaran kegiatan perpustakaan, disediakan lift yang menghubungkan lantai 1 (satu) dan lantai 4 (empat) dan lift untuk angkut koleksi perpustakaan bila ada yang membutuhkan. Lantai 1 (satu) seluas 636M2 digunakan sebagai berikut:

Sarana Prasarana Perpustakaan FKUI Lantai 1

1 Ruang Kepala Perpustakaan
2 Ruang Staf Tata Usaha/Administrasi
3 Ruang Referensi
4 Ruang Informasi
5 Laboratorium komputer dan internet
6 Ruang fotokopi
7 Ruang konsultasi
8 Ruang baca
9 Ruang rapat
10 Ruang jurnal baru
11 Toilet

Sumber: Laporan Tahunan Perpustakaan FKUI Tahun 2007

Lantai 4 (empat) seluas 618M2, digunakan untuk menyimpan koleksi buku dan majalah terbitan tahun 1993 dan sebelumnya. Penataan di ruangan di lantai 4 (empat) kondusif untuk membaca dan pengunjung merasa nyaman. Di lantai 4 ini terdapat pelayanan sirkulasi, terbagi atas :

Sarana Prasarana Perpustakaan FKUI Lantai 4

1 Ruang sirkulasi
2 Ruang baca
3 Ruang pengadaan bahan pustaka
4 Ruang penitipan tas
5 Ruang rapat
6 Ruang sholat
7 Ruang penjilidan
8 Toilet

Sumber: Laporan Tahunan Perpustakaan FKUI Tahun 2007

H. Layanan Teknis 

Layanan perpustakaan merupakan salah satu kegiatan teknis yang pada pelaksanaannya perlu adanya perencanaan yang matang. Layanan akan berjalan dengan baik jika akses yang digunakan tepat dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Di Perpustakaan FKUI, layanan teknis dibagi dalam 2 (dua) kegiatan utama, yaitu: Pengembangan Koleksi dan Layanan Perpustakaan.

1. Pengembangan Koleksi

a. Pengadaan Buku

Bagian bahan pustaka di perpustakaan FKUI yaitu mengacu pada Kurikulum Fakultas (KURFAK) dan program integritas untuk S1 Kedokteran. Pengadaan ini terus dilakukan walaupun sampai saat ini belum melengkapi beberapa buku yang sudah tertulis di KURFAK sebagai buku wajib atau anjuran yang merupakan buku yang sulit dan langka.

Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan FKUI bersumber dari :
  1. Pembelian dari dana rutin Fakultas
  2. Dana Universitas
  3. Hadiah dari berbagai instansi dan perorangan, seperti: Dekan FKUI, Balai Penerbit FKUI, UPT Perpustakaan UI, Squib, dr. Amir Sidik
  4. Deposit (wajib simpan)
b. Pengadaan Majalah:

Majalah yang dilanggan oleh Perpustakaan FKUI pada tahun 2007 sampai dengan sekarang adalah majalah terbitan Luar Negeri berjumlah 20 (dua puluh) judul. Pengadaan majalah tersebut berasal dari anggaran rutin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

c. Katalogisasi

Yakni menggunakan system otomasi SIPISIS yang dikembangkan oleh IPB. Karena adanya ketentuan dari pihak Universitas Indonesia agar seluruh perpustakaan yang ada dilingkungan Universitas Indonesia menggunakan LONTAR, maka perpustakaan FKUI saat ini sedang menuju proses peralihan dengan menggunakan LONTAR (Library Automation and Digital Archive). Untuk penelusuran, perpustakaan FKUI melakukan penelusuran melalui catalog online dapat diakses pengguna melalui fasilitas OPAC (Online Public Access Catalugue).

d. Perawatan Bahan Pustaka

Agar koleksi perpustakaan dapat terpelihara dengan baik, maka setiap pustakawan harus memperhatikan kondisi fisik maupun keutuhan setiap koleksi yang ada di perpustakaan. Oleh karena itu perawatan buku merupakan bagian yang penting. Hal ini dapat dipantau oleh petugas bagian sirkulasi dengan bekerjasama antara bagian pelayanan dan bagian penjilidan.

Data tahun 2007 menyebutkan bahwa penjilidan majalah baru berjumlah 225 bundel dan perbaikan penjilidan majalah berjumlah 130 bundel, sehingga total keseluruhan 355 bundel dalam 1 (satu) tahun. Adapun kegiatan perawatan koleksi perpustakaan FKUI, antara lain:
  1. Membersihkan debu yang menempel di buku dan rak buku
  2. Memperbaiki setiap buku yang rusak
  3. Memperbaiki label buku dan sandi buku yang rusak
  4. Memperbaiki barcode buku, serta kawat tembaga yang tidak bisa dibaca dengan alat detector pada bagian sirkulasi
  5. Menjilid majalah luar negeri berdasarkan judul, volume dan tahun terbit
  6. Mengadakan penyiangan (weeding) secara berkala
2. Layanan Pengguna

Sistem Layanan Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Kedokteran menerapkan 2 (dua) system layanan sekaligus yakni layanan terbuka (open access) dan layanan tertutup (closed access). Sistem ini biasanya memberikan layanan tertutup, contohnya: tesis, disertasi, laporan, dan lain-lain yang sejenis, sedangkan untuk koleksi lainnya yang bersifat umum menggunakan akses layanan terbuka, contohnya buku ajar.

I. Layanan Pengguna

Layanan pengguna merupakan bagian yang terpisahkan dari layanan teknis. Di atas sudah dijelaskan bahwa layanan pengguna perpustakaan FKUI memakai akses layanan campuran (mixed access) yakni layanan terbuka dan layanan tertutup. Dalam kaitan ini di Perpustakaan FKUI berlaku peraturan perpustakaan sebagai pedoman bagi pengguna dalam pemanfaatan perpustakaan beserta fasilitas-fasilitasnya.

a. Peraturan Perpustakaan

Tujuan dari peraturan perpustakaan adalah memberikan informasi kepada pengguna perpustakaan mengenai persyaratan, hak dan kewajiban pengguna/ anggota perpustakaan, serta ketentuan-ketentuan yang diberikan apabila seorang anggota melanggar peraturan. Berikut ini peraturan perpustakaan yang berlaku di Perpustakaan FKUI, adalah sebagai berikut:

1) Jam Layanan

Untuk mewujudkan Perpustakaan FKUI berstandar Internasional menuju World Class Medical Library, sejak tanggal 14 Nopember 2005, perpustakaan menyediakan jasa pelayanan 24 jam. Perpustakaan buka 24 jam ini berlaku setiap tahun kecuali hari besar atau libur. Buka 24 jam ini dapat terlaksana karena adanya kerjasama dengan Senat Mahasiswa FKUI. Bentuk kerjasama tersebut sebagai berikut :
  1. Senin sampai Jum’at dimulai pukul 19.00 wib sampai 07.00 wib hari berikutnya
  2. Sabtu dan Minggu mulai pukul 13.00 wib sampai 07.00 wib hari berikutnya
  3. Perpustakaan di jaga oleh 2 (dua) orang staf perpustakaan, dari 20 orang yang telah ditetapkan secara bergantian dan 2 (dua) orang mahasiswa, diatur oleh senat mahasiswa fakultas, serta 1 (satu) orang satpam. Semua petugas diberi insentif berdasarkan ketetapan yang berlaku di FKUI. Ditetapkan 2 (dua) orang petugas untuk jaga malam adalah berdasarkan pertimbangan bahwa perpustakaan terdiri dari dua unit ruangan yang berbeda yaitu lantai 1 (satu) dan lantai 4 (empat).
2) Layanan keanggotaan

Perpustakaan FKUI menetapkan biaya untuk menjadi anggota perpustakaan sebagaimana tabel di bawah :

Iuran Menjadi Anggota Perpustakaan FKUI

1.  Mahasiswa S1, D3, sebesar Rp.15,000
2.  S2 dan S3 sebesar Rp.50,000
3.  Staf Pengajar sebesar Rp. 30,000
4.  Sumbangan staf Pengajar sebesar Rp. 100.000 atau 250,000 atau 500,000
5.  ILUNI sebesar Rp.200,000

Sumber: Laporan Tahunan Perpustakaan FKUI Tahun 2007

Menurut data yang ada, jumlah anggota perpustakaan FKUI pada tahun
2007, adalah sebagai berikut:

1 Mahasiswa S1 sebanyak 179 orang
2 Dokter (Staf pengajar, mahasiswa PPDS/P3S Biomedik) sebanyak 78 orang
3 Umum sebanyak 1 orang
4 Program D3 sebanyak 71 orang
5 Kelas Internasional sebanyak 6 orang
6 ILUNI sebanyak 23 orang
Jumlah 358 orang

Sumber: Laporan Tahunan Perpustakaan FKUI Tahun 2007

3) Hak dan Kewajiban Anggota

Peminjam bahan pustaka adalah civitas akademika Universitas Indonesia
dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Mahasiswa Diploma, Program AKTA mengajar, S1 berhak pinjam 2 (dua) buah koleksi dengan waktu 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang.
  2. Dosen, mahasiswa S1, S2, S3, mahasiswa program khusus dan karyawan berhak pinjam 2 (dua) buku dalam waktu 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang 1 (satu) hari.
4) Tata Tertib Perpustakaan FKUI :
  1. Menunjukkan kartu anggota sekaligus mengisi daftar hadir dengan menggunakan barcode di kartu anggota
  2. Di dalam ruangan tidak boleh membawa tas, memakai identitas anggota lain, memakai jaket, mencoret dan merusak bahan pustaka ataupun perlengkapan perpustakaan, merokok, makan, minum, membuang sampah disembarang tempat
  3. Pada waktu keluar bersedia diperiksa oleh petugas
5) Sanksi Pelanggaran Anggota Perpustakaan FKUI:
  1. Keterlambatan pengembalian bahan pustaka dikenakan denda
  2. Menghilangkan bahan pustaka harus diganti dengan judul yang sama
  3. Merusak atau merobek bahan pustaka dikenakan sanksi kehilangan hak pinjam selama 6 (enam) bulan
  4. Mencuri bahan pustaka dikenakan saksi tidak boleh memanfaatkan fasilitas perpustakaan selama 1 (satu) tahun
  5. Meminjamkan kartu anggota pada orang lain dikenakan sanksi kehilangan hak pinjam selama 3 (tiga) bulan
  6. Mempersulit petugas perpustakaan dikenakan sanksi kehilangan hak pinjam selama 1 (satu) bulan
  7. Pengunjung perpustakaan yang makan, minum, merokok dan membuat gaduh di ruang perpustakaan akan diminta keluar
  8. Merusak barang kelengkapan perpustakaan dikenakan saksi harus diganti dan kehilangan hak pinjam selama 6 (enam) bulan.
b. Jenis-jenis Layanan

Perpustakaan FKUI memiliki beberapa jenis layanan perpustakaan yang terkait dengan kelancaran dan keefektifan proses belajar mengajar berupa :

1) Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi atau layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka di Perpustakaan FKUI menggunakan system pelayanan open access yang memungkinkan penggunakan masuk ke ruang koleksi guna memilih, mengambil sendiri koleksi yang dibutuhkan.

Pada proses peminjaman, pengguna menyerahkan buku yang akan dipinjam dan kartu anggota kepada petugas, kemudian petugas akan memeriksa dengan scan nomor kartu anggota sesuai dengan perintah program SIPISIS lalu memasukkan kode buku dan membubuhkan stempel tanggal kembali, lalu buku di non aktifkan sinyal pengamanannya. Hal ini dilakukan karena perpustakaan FKUI menggunakan pintu pengaman yang otomatis bunyi bila ada buku melewati pintu pengaman dan buku tersebut belum diproses non aktif/netralkan.

Bila terjadi gangguan pada program layanan sirkulasi maka layanan akan dilakukan secara manual dengan cara menuliskan buku yang akan dipinjam, kemudian petugas membubuhkan tanggal pengembalian dan memasukkan kartu anggota ke dalam kotak peminjaman yang diurutkan sesuai abjad nama peminjam. Namun menetralkan buku tetap dilakukan setelah proses pencatatan selesai buku boleh di bawa pulang.

Untuk melihat tolok ukur kemajuan perpustakaan dapat dilihat dari statistic perpustakaan. Statistik perpustakaan menggambarkan sejauh mana perpustakaan didayagunakan dan sekaligus menggambarkan unjuk kerja perpustakaan. Statistik disini adalah data jumlah pengunjung perpustakaan dan data pengunjung yang memanfaatkan koleksi perpustakaan. Menurut data yang ada, pengunjung perpustakaan di Lantai 1 (satu) berjumlah 3.420 orang dan di Lantai 4 (empat) sebanyak 4.680 orang. Pemanfaatan koleksi yang ada di perpustakaan FKUI dapat
dilihat pada statistic pemanfaatan koleksi pada tabel di bawah ini :

Statistik Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tahun 2007
  1. Januari dicopi 230, dibaca 94, dipinjam 640
  2. Februari dicopi 356, dibaca 125, dipinjam 608
  3. Maret dicopi 411 dibaca 185, dipinjam 546
  4. April dicopi 429 dibaca 180, dipinjam 653
  5. Mei dicopi 249 dibaca 77, dipinjam 336
  6. Juni dicopi 237 dibaca 92, dipinjam 380
  7. Juli dicopi 383 dibaca 166, dipinjam 577
  8. Agustus dicopi 401, dibaca 166, dipinjam 652
  9. September dicopi 324, dibaca 83, dipinjam 359
  10. Oktober dicopi 371, dibaca 207 , dipinjam 712
  11. Nopember dicopi 166, dibaca 116, dipinjam 367
  12. Desember dicopi 237, dibaca 83, dipinjam 501
Jumlah dicopi 3.794, dibaca 1.574, dipinjam 6.331

Sumber: Laporan Tahunan Perpustakaan FKUI Tahun 2007

2) Penelusuran Informasi

Pelayanan ini berupa penemuan kembali literature mengenai subyek-subyek tertentu. Hasil penelusuran berupa bibliografi subyek sesuai dengan permintaan. Menurut data yang ada pengguna penelusuran literature pada tahun 2007 adalah sebagai berikut :

Jumlah Pemohon penelusuran Literatur

1 Institusi FKUI
Dokter, 133 orang
Mahasiswa, 26 orang

2 Non FKUI
Dokter, 85 orang
Mahasiswa, 160 orang
Sumber: Laporan Tahunan Perpustakaan FKUI Tahun 2007

Ciri utama kegiatan penelusuran informasi dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu: yang pertama penelusuran informasi konvensional ialah penelusuran secara manual seperti menggunakan kartu catalog, kamus, ensiklopedi, bibliografi, indeks dan sebagainya dan yang kedua penelusuran informasi digital ialah penelusuran secara media digital atau elektronik seperti melalui OPAC, search engine di internet, database online, jurnal elektronik, reference online dan informasi lain yang tersedia secara elektronik atau digital.

Di bawah ini tergambar jumlah pemohon layanan penelusuran informasi di perpustakaan FKUI yang membutuhkan dan atau mencari artikel baik melalui manual maupun elektronik di tahun 2007.

Jumlah Pemohon Penelusuran Informasi Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tahun 2007
  1. Januari, terpenuhi 36, tidak terpenuhi 7
  2. Februari, terpenuhi 48, tidak terpenuhi 10
  3. Maret, terpenuhi 26, tidak terpenuhi 3
  4. April, terpenuhi 36, tidak terpenuhi 9
  5. Mei, terpenuhi 40, tidak terpenuhi 9
  6. Juni, terpenuhi 47, tidak terpenuhi 8
  7. Juli, terpenuhi 37, tidak terpenuhi 7
  8. Agustus, terpenuhi 30,tidak terpenuhi 7
  9. September, terpenuhi 34, tidak terpenuhi 6
  10. Oktober, terpenuhi 30, tidak terpenuhi 5
  11. Nopember, terpenuhi 40, tidak terpenuhi 4
  12. Desember, tidak ada data
Jumlah terpenuhi 404 tidak terpenuhi332 72

Sumber : Bagian Layanan Penelusuran Informasi Perpustakaan FKUI

Saat ini ada Perpustakaan FKUI menggunakan Proquest sebagai database yang dapat diakses secara berlangganan oleh Perpustakaan FKUI, ditunjang juga oleh CD-Rom berisi teks penuh (full text) dari beberapa tulisan di jurnal dan National Library of Medicine.

Proquest merupakan online database yang dilanggan oleh Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan dapat diakses melalui alamat http://proquest.umi.com/login/, (diakses tanggal 20 Agustus 2008). Proquest ini hanya dapat diakses dengan menggunakan user id dan password. Database Proquest Medical Library yang dipakai Perpustakaan FKUI adalah berkenaan dengan bidang kedokteran atau Medical Sciences.

Selain itu FKUI juga dapat pengakses informasi berupa artikel ilmiah, hasil penelitian dengan menggunakan online database yang dilanggan oleh Universitas Indonesia. Database tersebut terdiri dari beribu judul jurnal dan mencakup seluruh disiplin ilmu. Akses dapatd dilakukan melalui jaringan UI (intranet) dan internet. Database tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Akses Online Journals
  1. Proquest (Business, Medical, Psychology, Nursing, Academic Research Library) : Intranet: www.proquest.com/pqdauto, Account ID: 39MJFGXVBG, Password : white
  2. Proquest Literature Learning : http://literature.proquestlearning.com, Account ID: budaya, Password : welcome
  3. Sciencedirect (Business Management, Accoun-ting, Economics, Econometric and Finance) : http://www.sciencedirect.com, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  4. American Chemical Society (ACS) : http://pubs.acs.org Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  5. American Physical Society : http://publish.aps.org Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  6. American Journal On-line : http://www.aip.org Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  7. Oxford Journal : http://www.oupjournals.org
  8. Pubmed : http://www.pubmedcentral.nih.gov/
  9. e-book Sciences & Technology : http://site.ebrary.com/lib/indonesiau Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  10. e-book from US Marine Online : http://www.usmehq.com/ebook.html, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  11. Siam Journal On-line : http://epubs.siam.org, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  12. JSTOR : http://www.jstor.org/, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  13. OSIRIS, Database kompre-hensif yang berisi tentang berbagai perusahaan-perusahaan besar, bank dan asuransi dari seluruh dunia, meliputi 190 negara dan 52.000 perusahaan : http://www.bvdep.com/en/OSIRIS.html, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  14. Annual Reviews: Covers analytic reviews in 33 focused disciplines within the Biomedical, Physical and Social Sciences : http://www.annualreviews.org, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  15. Scopus (Trial), Berisi database abstrak dan sitasi dari jurnal ilmiah diseluruh dunia
  16. yang mencakup bidang Life Sciences, Health Sciences (termasuk Medline), Physical Sciences dan Social Sciences : http://www.scopus.com, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  17. Springerlink : http://www.springerlink.com/home/main.mpx Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  18. SAGE Publication (TRIAL) : http://online.sagepub.com/ Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  19. Trial ASCE : http://www.pubs/asce.org/journals/jrns.html Akses melalui intranet kampus (JUITA)
Sumber: Perpustakaan UI (www.lib.ui.ac.id)

3) Layanan Digital Library
Layanan internet dan wi_fi gratis disediakan bagi anggota perpustakaan FKUI dan pengunjung yang membawa laptop untuk mengakses internet di ruang baca.

4) Pendidikan Pemakai Perpustakaan
Belum semua anggota perpustakaan FKUI mendapatkan pendidikan pemakai perpustakaan dan di tahun 2007 yang mendapatkan pendidikan pemakai adalah mahasiswa Program D3, Rehabilitasi Medik, Perumahsakitan dan S1 Internasional FKUI. Sementara tahun 2008 ini yang mendapatkan pendidikan pemakai perpustakaan mahasiswa baru program S1.

5) Layanan Laboratorium Komputer
Layanan ini dimulai sejak bulan Nopember 1988 yang melayani pengetikan, print out dan faximile bagi semua pengguna perpustakaan dan dikenakan biaya.

6) Layanan Fotokopi
Perpustakaan menyediakan fasilitas fotokopi selama jam buka perpustakaan dimulai pukul 07.00 wib s.d 17.00 wib.

7) Layanan Sewa Ruangan
Pemakaian ruangan di perpustakaan FKUI baik laintai I maupun lantai IV, dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) bila ada sponsor dan Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) bila tidak ada sponsor per hari. Khusus untuk mahasiswa FKUI yang menggunakan ruangan, dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) per hari.

8) Layanan Sewa Locker
Layanan sewa locker pada tahun 2007 tercatat melayani sebanyak 245 mahasiswa dengan perincian biaya sewa locker kecil Rp. 2.500,-/bulan sedangkan biaya locker besar Rp. 3.000,0/bulan.

9) Pembuatan KUM (Karya Umum Ilmiah) kenaikan pangkat
Bagi Staf Pengajar yang ingin mendapatkan pengesahan angka kredit, dikenakan biaya sebesar Rp.15.000,- (lima belas ribu rupiah) per cantuman baik berupa makalah, penelitian atau bahan perkuliahan

J. Anggaran

Anggaran adalah faktor penting dalam proses perkembangan suatu perpustakaan. Dana Perpustakaan FKUI diperoleh dari beberapa sumber, diantaranya dari:

1. Universitas Indonesia, dana ini digunakan untuk pengadaan bahan pustaka. Perpustakaan FKUI menerima anggaran tiap tahun dari Universitas sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) untuk pengadaan buku berdasarkan waiting list permintaan pemakai perpustakaan dan Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah) untuk langganan majalah sebanyak 20 judul. Pengadaan dilakukan oleh PIMPRO (Pimpinan Proyek) melalui tender. Dalam hal ini perpustakaan hanya menerima dan mengolah bahan pustaka tersebut sampai dapat dipergunakan oleh pengguna.

2. Sumber dana dari Perpustakaan FKUI, dana ini digunakan untuk peningkatan sumber daya manusia, operasional perpustakaan: perawatan dan pemelihara bahan pustaka. Dana ini bersumber dari:
a. Denda keterlambatan
b. Iuran keanggotaan
c. Jasa Fax
d. Jasa pengetikan
e. Pelayanan fotokopi
f. Penelusuran literatur
g. Pelayanan Print Out
h. Pelayanan Scanner
i. Pendaftaran anggota perpustakaan
j. Sewa loker

Sejak bulan Januari 2004, jasa pelayanan ini disetorkan ke kas
fakultas, sedangkan perpustakaan menerima kas kecil untuk kegiatan
operasional perpustakaan.

BAB III
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

A. Penjelasan Mengenai Perpustakaan

Salah satu hal penting yang menjadi bagian tak terpisahkan dari ilmu perpustakaan adalah adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan langsung ke perpustakaan, dimana secara nyata akan menyangkut teori dan praktek. Pada hari pertama Praktek Kerja Lapangan, yakni tanggal 14 Juli 2008, peserta Praktek Kerja Lapangan yang terdiri dari Lolytasari (saya sendiri), Kuntoro dan Nova mendapat materi tentang gambaran umum Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia oleh ibu Retno Prabandari, MA selaku Kepala Perpustakaan FKUI. Gambaran umum disini menyangkut Sejarah perpustakaan, struktur organisasi, peran perpustakaan, tugas dan fungsi perpustakaan, koleksi, sarana dan prasarana perpustakaan, layanan teknis, layanan pengguna dan anggaran perpustakaan.

B. Pengadaan Bahan Pustaka

Tugas pengadaan bahan pustaka diperpustakaan merupakan tugas yang lebih mengandalkan fisik dan sedikit dalam berfikir. Artinya dalam pengadaan bahan pustaka, peserta Praktek Kerja Lapangan melakukan :
  1. Memilah majalah atau jurnal berdasarkan judul majalah, nomor majalah, volume majalah.
  2. Majalah atau jurnal yang sudah di pilah berdasarkan judul, nomor dan volume majalah, diberi stempel kepemilikan “PERPUSTAKAAN FKUI” dan setelah itu memberi keterangan asal majalah, yakni dari Squib. Di bimbing oleh bapak Mardiman.
  3. Memasukkan tesis yang telah diolah berdasarkan klasifikasi NML ke jajaran rak tesis. Di bimbing oleh bapak Supardi
Shelving buku di lantai 4 (empat), dibimbing oleh bapak Mardiman. Bahwa di FKUI memakai system klasifikasi NLM (National Library of Medicine) Classification
Shelving majalah di lantai 1 (satu) dibimbing oleh ibu Yenny Suyati Thayeb, SE. Perlu diketahui bahwa ruang jurnal atau majalah yang dibedakan antara terbitan Luar Negeri dan Dalam Negeri serta disusun berdasarkan alfabeltis dan subyek

Dalam melaksanakan tugas di bagian pengolahan bahan pustaka, peserta Praktek Kerja Lapangan mendapat pengarahan dan bimbingan langsung dari bapak Mardiman, Ibu Komala Dewi dan Ibu Sumirah, dimulai dari bagaimana prosedur dan proses majalah dimulai dari diolah dari mentah sampai ke jajaran rak majalah.

Kegiatan ini peserta Praktek Kerja Lapangan lakukan dari tanggal 16 s.d 18 Juli 2008. Secara garis besar pengolahan bahan pustaka dalam hal ini majalah setelah dipilah lalu mulai :
  1. Memasukkan deskripsi bibliografi majalah ke lembar kerja berupa KARDEX (kartu Index) Majalah, mulai dari judul, nomor, volume, tempat terbit, penerbit, tahun terbit, ISSN, jumlah majalah yang ada serta perolehan asal majalah. Di bimbing oleh bapak Mardiman.
  2. Memasukkan data majalah yang baru datang ke dalam buku induk majalah, dibimbing oleh ibu Sumirah.
  3. Input data majalah ke lembar kerja Katalog Majalah ke komputer, dibimbing oleh bapak Supardi.
C. Pengolahan

Kegiatan pengolahan ini menurut jadwal dimulai dari tanggal 21 Juli s.d 4 Agustus 2008, tetapi karena adanya kerusakan dalam jaringan komputer agak tertunda sehingga selesai tanggal 8 Agustus 2008.

Ditambah lagi adanya perbaikan dalam penulisan deskripsi bibliografi oleh bapak Agus, salah seorang pustakawan FKUI, sehingga adanya keterlambatan dan pengerjaan ulang. Koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan FKUI sebelum digunakan oleh pengguna, terlebih dahulu diolah melalui beberapa tahapan, yaitu :

1. Inventarisasi

Inventarisasi adalah merupakan pencatatan bahan pustaka baik yang didapat dari pembelian, hadiah, wakaf, tukar menukar kedalam buku induk, memberi cap/stempel hak milik perpustakaan. Dibimbing oleh bapak Mujioto dan bapak Subadi.

Tujuan inventarisasi adalah: (1) mempermudah pustakawan dalam pengadaan bahan pustaka berikutnya, (2) memudahkan pustakawan untuk mengawasi terhadap koleksi yang dimiliki, (3) memudahkan pustakawan dalam pelaporan tahunan tentang jumlah koleksi yang dimiliki.

Data inventarisasi ini diketik kembali ke dalam komputer, tidak bisa secara langsung terprogram dalam CDS/ISIS (Computerised Documentation Service/Integrated Set of Information Systems).

2. Klasifikasi

Kegiatan ini meliputi: membuat diskripsi bahan pustaka pada lembar kerja buku/tesis/laporan hasil penelitian/pidato pengukuhan guru besar FKUI dan menentukan klasifikasi berdasarkan pedoman klasifikasi NLM (National Library of Medicine Classification). Alat pembantu untuk mengklasir buku berdasarkan NLM yakni menggunakan CIM/MeSH (Cumulated Indeks Medicus/Medical Subject Headings), Kamus Istilah Kedokteran dan Kamus Indonesia-Inggris. Di bimbing oleh ibu Yenny Suyati Thayeb, SE

3. Penentuan Tajuk Subyek

Setelah ditentukan nomor klasifikasi bahan pustaka, kemudian tentukan Tajuk Subyek dengan menggunakan MeSH (Medical Subject Headings) dan Cumulated Index Medicus. Di bimbing oleh ibu Yenny Suyati Thayeb, SE

4. Penyelesaian (Finishing) Perlengkapan Bahan Pustaka

Merupakan kegiatan finishing bahan pustaka dan siap untuk disusun dirak dan siap untuk dipinjamkan kepada anggota, terkecuali tesis, disertasi, laporan penelitian dan pidato pengukuhan guru besar FKUI.

Kegiatan finishing meliputi: pengetikan nomor punggung, menempel nomor barcode diakhir halaman buku, penempelan nomor buku ataupun tesis/ disertasi dan terakhir menyelipkan kawat sebagai alat penangkap sinyal pengaman. Pengukuran punggung buku yang sudah ditetapkan adalah 2,5 cm. dari bawah. Dibimbing oleh bapak Mujioto dan bapak Subadi.

D. Pelayanan Pengguna

1. Layanan Sirkulasi

Merupakan kegiatan temu balik informasi dengan menggunakan program CDS/ISIS (Computerised Documentation Service/Integrated Set of Information Systems). Untuk menjalankan sirkulasi peserta PKL dibimbing oleh bapak Subadi. Layanan sirkulasi atau layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka di Perpustakaan FKUI menggunakan system pelayanan open access yang memungkinkan penggunakan masuk ke ruang koleksi guna memilih, mengambil sendiri koleksi yang dibutuhkan.

2. Penelusuran Informasi

Yaitu salah satu pelayanan yang ada diperpustakaan FKUI untuk membantu pengguna mencari literature yang dibutuhkan. Penelusuran informasi para peserta PKL di bimbing oleh ibu Yenny Suyati Thayeb, SE. Ciri utama kegiatan penelusuran informasi dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu: yang pertama penelusuran informasi konvensional ialah penelusuran secara manual seperti menggunakan kartu catalog, kamus, ensiklopedi, bibliografi, indeks dan sebagainya dan yang kedua penelusuran informasi digital ialah penelusuran secara media digital atau elektronik seperti melalui OPAC, search engine di internet, database online, jurnal elektronik, reference online dan informasi lain yang tersedia secara elektronik atau digital.

Yang perlu diperhatikan dalam melakukan penelusuran informasi adalah apa yang diminta pemohon informasi, topic apa, siapa yang meminta dan untuk keperluan apa atau menentukan subyek yang dminta.

Sisi kelemahan dari penelusuran informasi di perpustakaan FKUI adalah pengguna lebih condong kepada pencarian informasi terbaru di bidang kedokteran, sementara koleksi bahan pustaka di FKUI kebanyakan dibawah tahun 2005. Kelebihannya, dengan journals on-line hanya membutuhkan waktu yang relative singkat, informasi yang dibutuhkan oleh pengguna mudah diakses langsung ke database sehingga pengguna merasa puas akan layanan yang diberikan oleh petugas penelusuran informasi.

E. Pengenalan Teknik Informasi

Pengenalan teknik informasi di Perpustakaan FKUI, peserta PKL dibimbing oleh bapak Rudi Hartono dan bapak R. Hari Respati. Bapak Rudi mengenalkan peserta PKL apa itu CD-Rom dan fungsinya untuk apa. Menurut bapak Rudi bahwa saat ini Perpustakaan FKUI menggunakan Proquest sebagai database pencari informasi yang dilanggan oleh Perpustakaan FKUI dan CD-Rom berfungsi sebagai data yang berisi teks penuh (full text) dari beberapa tulisan jurnal yang ada di proquest. Dan bapak Hari mengenalkan kami web site yang ada Universitas Indonesia dan Perpustakaan FKUI masih dalam proses menuju LONTAR (Library Automation Technology and Digital Archive).

Lebih lanjut lagi ibu Retno Prabandari, MA mengatakan bahwa selain Proquest FKUI juga dapat pengakses informasi berupa artikel ilmiah, hasil penelitian dengan menggunakan online database yang dilanggan oleh Universitas Indonesia. Database tersebut terdiri dari beribu judul jurnal dan mencakup seluruh disiplin ilmu. Akses dapat dilakukan melalui jaringan UI (intranet) dan internet. Database tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Akses Online Journals
  1. Proquest, (Business, Medical, Psycho-logy, Nursing, Academic Research Library) : Intranet: www.proquest.com/pqdauto, Account ID: 39MJFGXVBG, Password : white
  2. Proquest, Literature Learning : http://literature.proquestlearning.com, Account ID: budaya, Password : welcome
  3. Sciencedirect, (Business Management, Accounting, Economics, Econometric and Finance) : http://www.sciencedirect.com, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  4. American Chemical Society (ACS) : http://pubs.acs.org, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  5. American Physical Society : http://publish.aps.org, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  6. American Journal On-line : http://www.aip.org, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  7. Oxford Journal : http://www.oupjournals.org
  8. e-book Sciences & Technology : http://site.ebrary.com/lib/indonesiau, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  9. e-book from US Marine Online : http://www.usmehq.com/ebook.html, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  10. Siam Journal On-line : http://epubs.siam.org, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  11. JSTOR : http://www.jstor.org/, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  12. OSIRIS, Database kompre-hensif yang berisi tentang berbagai perusahaan-perusahaan : http://www.bvdep.com/en/OSIRIS.html, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  13. Annual Reviews: Covers analytic reviews in 33 focused disciplines within the Biomedical, Physical and Social Sciences : http://www.annualreviews.org, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  14. Scopus (Trial), Berisi database abstrak dan sitasi dari jurnal ilmiah diseluruh dunia yang mencakup bidang Life Sciences, Health Sciences (termasuk Medline), Physical Sciences dan Social Sciences : http://www.scopus.com, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  15. Springerlink : http://www.springerlink.com/home/main.mpx, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  16. SAGE Publication (TRIAL) : http://online.sagepub.com/, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  17. Trial ASCE : http://www.pubs/asce.org/journals/jrns.html, Akses melalui intranet kampus (JUITA)
  18. Pubmed : http://www.pubmedcentral.nih.gov/
Sumber: Perpustakaan UI (www.lib.ui.ac.id)

F. Prevensi Koleksi

Prevensi koleksi adalah bagian penjilidan bahan pustaka, dimana peserta PKL mendapat ilmu keterampilan menjilid bahan pustaka yang rusak dan menjilid bahan pustaka berupa majalah atau jurnal. Di sini peserta PKL dibimbing oleh bapak Kusnama.

Tingkat kesulitan dalam prevensi koleksi ini relative tidak ada, hanya mengandalkan ketelitian dan kerapian dalam mengelem tumpukan jurnal atau majalah yang akan di jilid dan memotong jurnal atau majalah yang akan dijilid agar terlihat rapih.

G. Penyusunan Laporan

Dalam penyusuna laporan PKL ini, peserta dibimbing langsung oleh ibu Retno Prabandari, MA. Saya hanya dapat mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada ibu atas semua bimbingan ibu kepada kami semua peserta PKL dan mohon maaf apabila di dalam bertingkah laku selama masa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ada yang janggal dan menjengkelkan.

BAB IV
PENUTUP

A. Kesan-kesan

Dari hasil Praktek Kerja Lapangan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran UI Salemba Jakarta selama ±1,5 bulan, kesan-kesan kami sebagai berikut :

1. Peningkatan penelusuran informasi di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dikategorikan cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil unjuk kerja petugas penelusuran informasi Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yaitu sebagian besar pemohon informasi telah mendapatkan apa yang dibutuhkan.

2. Untuk mewujudkan Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berstandar Internasional menuju World Class Medical Library, setidaknya ada beberapa factor pendukung, yakni sebagai berikut :
  • Tersedianya sarana komputer dan tenaga yang cukup trampil dan memadai;
  • Adanya sikap kepemimpinan Kepala Perpustakaan yang mampu memberikan motivasi kerja kepada seluruh petugas perpustakaan dan sikap petugas perpustakaan FKUI dalam melaksanakan tugas dan penyelesaiannya seperti saling membantu, berkoordinasi, disiplin dan bersikap rofesional.
3. Hambatan yang paling dominant dirasakan oleh petugas perpustakaan FKUI dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada pengguna perpustakaan adalah kurangnya kemampuan keterampilan dan keahliannya baik dalam bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi maupun teknologi informasi (seperti pengetahuan tentang komputer, internet, digital dan e-journal) dan kurangnya insentif yang layak.

B. Saran-saran

Saran-saran yang bias penulis berikan kepada Perpustakaan FKUI, adalah sebagai berikut:

1. Prestasi kerja yang telah dicapai oleh petugas perpustakaan FKUI hendaknya dipertahankan dan ditingkatkan dengan cara :
  • Menjaga dan memelihara sarana yang telah dimiliki dan terus berupaya mengoptimalkan fungsi sarana tersebut untuk kepentingan pelayanan dan memberi motivasi kepada seluruh petugas agar terus tercipta gairah kerja yang tinggi dan stabil;
  • Memberikan beasiswa untuk belajar ilmu perpustakaan ke jenjang S1 (strata-1) bahkan ke jenjang yang lebih tinggi.
2. Ada beberapa langkah yang harus ditempuh oleh petugas perpustakaan dalam meningkatkan pelaksanaan pelayanan, sebagai berikut:
  • Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna diperlukan SOP di perpustakaan dengan dasar bahwa di perpustakaan terdapat pekerjaan rutin yang dilakukan setiap hari, mulai dari seleksi, pengadaan, pengolahan, pemeliharaan sampai pada pelayanan. Agar pekerjaan- pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan baik maka diperlukan pedoman yang dapat memberikan tuntunan. Pedoman yang dimaksud adalah prosedur kerja yang standar atau SOP.
  • Adanya perubahan layanan perpustakaan menjadi layanan informasi dengan mempercepat layanan LONTAR untuk mendukung program pelayanan perpustakaan ke pengguna dimanapun berada.
3. Untuk menunjang layanan perpustakaan hendaknya Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengalokasikan anggaran perpustakaan untuk penambah koleksi perpustakaan juga mengalokasikan dana untuk pemberian beasiswa belajar ilmu perpustakaan ke jenjang S1 (strata-1) untuk para petugas perpustakaan yang masih berpendidikan SMU serta adanya perimbangan insentif yang layak.

Sekali lagi, Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan) ini hanya contoh buat anda yang ingin membuat laporan praktek kerja perpustakaan, sedang untuk kesempurnaannya tergantung bagaimana anda mengedit dan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan laporan praktek kerja perpustakaan anda.

Bila ada pertanyaan seputar Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan (PKL Perpustakaan) silahkan berikan komentar anda di bawah, jika ada waktu InsyaAllah kami jawab. Baca juga :
  1. Laporan Praktek Kerja Lapangan
  2. Laporan Praktek Kerja Industri 
  3. Contoh Soal Latihan Matematikan untuk UN

Mau Download Ebook Tutorial SEO? Sudah tau bagaimana cara blogmu masuk halaman #1 Google? atau Rahasia Blog Ranking 1 di Google? Kalau belum silahkan Download "BloggerPro-Z1" (Ebook Tutorial SEO)

Share this article :
 
INABUY.COM | Dikelola Oleh ZutaMedia Publisher | Penyedia Ebook SEO - BloggerPro-Z1 - Ebook Tutorial SEO Terlengkap dan Terbaik Di Indonesia Jasa Buat Website | Toko Online | Dengan Bantuan Konsultasi lewat YM dan Email
Powered by Blogger.com | Template By Maskolis.com
Copyright © 2011. EBOOK INABUY - All Rights Reserved